Review Teknologi

6 Cara Mengatasi HP Samsung Kena Air

6-cara-mengatasi-hp-samsung-kena-air

Smartphone menjadi salah satu perangkat yang sering dibawa ke mana-mana. Perangkat yang satu ini bisa membantu berbagai aktivitas sehari-hari, seperti melakukan pembayaran, membeli barang secara online, berkomunikasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan HP Samsung Galaxy A51 sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari.

Namun, penggunaan smartphone yang terlalu sering juga bisa membuat orang teledor. Misalnya, HP tiba-tiba kecemplung ember saat dibawa ke kamar mandi. Kejadian ini menjadi sebuah mimpi buruk. Kemungkinannya, HP Anda menjadi cacat atau mati total. Oleh karena itu, membawa HP ke kamar mandi sangat tidak disarankan karena dikhawatirkan akan terkena air.

Ketika HP Terkena Air

Jika terlanjur terjadi, apa yang harus dilakukan? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Keluarkan Baterai, Kartu Sim, dan SD Card

Jika HP kamu kecemplung air, keluarkan lah semua kartu dan baterai untuk mengurangi resiko konslet antara komponen. Jika terjadi konslet antara komponen, mau tidak mau Anda harus mengganti komponen yang rusak. Saat mengeluarkan kartu dan baterai, sediakan handuk atau tisu untuk mengeringkannya.

Jika HP Samsung Galaxy A51 menggunakan baterai tanam, keluarkan kartu dan SD Cardnya terlebih dahulu. Setelah itu, matikan HP tersebut agar tidak terjadi arus listrik yang mengalir.

2. Mengeringkan LCD

LCD menjadi komponen yang vital pada setiap smartphone karena harga komponennya sangat mahal. Harga komponen ini bisa setengah dari harga HPnya. Oleh karena itu, lakukan proses pengeringan LCD saat HP terkena air. Bongkar HP Anda dengan hati-hati. Jika bingung, Anda bisa mencari tutorialnya melalui YouTube atau sejenisnya.

Pengeringan bisa menggunakan tisu atau dengan cara diangin-anginkan saja. Jangan menggunakan hairdryer yang dapat menyebabkan komponen makin akibat suhu panasnya.

3. Masukan HP ke Dalam Tumpukan Beras

Setelah semua komponen aman, masukkan HP ke dalam tumpukan beras. Kenapa beras? Beras mampu menyerap air dengan cukup baik. Proses perendaman dengan beras ini membutuhkan waktu selama dua sampai tiga hari.

4. Mengeringkan dengan Kipas Angin

Jika masih ragu apakah HP sudah kering atau belum, Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkannya lagi setelah menguburnya di dalam beras. Setelah benar-benar kering, Anda bisa memasang kembali LCD nya.

5. Nyalakan Kembali.

Setelah melakukan berbagai rangkaian diatas, Anda harus berdoa agar tidak ada kerusakan di setiap komponennya. Jika ternyata HP tersebut bisa dihidupkan kembali dan berfungsi seperti biasanya, Anda harus bersyukur. Cek beberapa fitur seperti kamera, suaram dan juga beberapa aplikasi lain. Periksa apakah fitur-fitur tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

6. Service ke orang yang lebih ahli

Jika setelah dinyalakan ternyata ada beberapa fitur yang rusak, segera bawa HP Anda ke tempat service resminya. HP Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih tepat, bahkan bisa tidak bayar sama sekali. Dengan ditangani oleh ahlinya, HP Anda bisa berfungsi seperti sedia kala. Jangan pergi ke counter tidak resmi karena tidak ada jaminan HP Anda bisa kembali normal.

Itulah cara mengatasi handphone Samsung yang kemasukan air. Jika HP rusak, ganti dengan yang baru dengan Samsung Galaxy A51. Samsung ini menawarkan performa yang canggih yang sesuai dengan kebutuhan anak muda. Anda bisa membelinya di toko online dengan harga yang lebih bersahabat. Pengirimannya pun lebih aman dan cepat. 

So, belanja sekarang juga dan dapatkan diskon menarik hanya untuk Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like