Otomotif Review

5 Cara Mengenali Mobil Bekas Berkualitas

Mobil bekas bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk menunjang akomodasi harian Anda. Apalagi pekerja yang memiliki mobilitas tinggi, kendaraan pribadi bisa mendukung produktivitas harian. Tak hanya menawarkan harga yang terjangkau, mobil bekas memiliki kualitas yang tidak kalah selama Anda selektif memilih penjual terpercaya. Lagi pula Anda bisa memilih kredit mobil bekas yang menawarkan keringanan pembayaran sesuai kemampuan finansial.

Mengecek mobil bekas

Agar Anda bisa mengetahui kondisi mobil bekas terpercaya, sebaiknya ketahui cara mengecek mobil bekas berkualitas berikut:

1. Mengecek komponen mobil dengan baik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar tidak salah pilih mobil bekas adalah mengecek komponen mobil dengan baik. Ada banyak oknum nakal yang mengganti spare part asli dengan barang KW sehingga Anda harus jeli mengecek setiap komponen mobil. Pastikan pula bahwa tombol atau fitur mobil masih berfungsi normal agar keamanan dan keselamatan berkendara terjamin dengan baik.

2. Mengecek kondisi mesin mobil

Tips melakukan transaksi jual beli baik tunai atau kredit mobil bekas adalah melakukan pengecekan kondisi mesin mobil. Kalau Anda merupakan orang awam yang kurang paham mengenai mesin mobil, tidak ada salahnya untuk mengajak montir atau orang yang ahli di bidang mesin mobil.

Orang yang ahli pasti tahu bagaimana mesin mobil bekas yang masih bagus atau pernah terkena banjir. Biasanya mesin mobil bekas banjir memiliki bunyi yang lebih keras dibandingkan mobil yang terjaga dari segi perawatan.

Dewasa ini, banyak bengkel ternama yang menjamin kualitas mesin mobil dengan sistem komputerisasi. Dijamin Anda bisa mendapatkan mobil yang memiliki performa mesin terbaik. Jangan lupa untuk mengecek bagian rem yang masih berfungsi dengan baik.

3. Mengecek bagian box transmisi

Jangan sampai Anda hanya tergoda bagian bodi mobil yang dipoles dengan baik, namun abai terhadap perawatan oli. Pelumas memegang peranan vital dalam mendukung performa mesin mobil terbaik. Baik motor matic atau manual wajib melakukan perawatan dan penggantian oli secara berkala.

Untuk memastikan bahwa pemilik kendaraan melakukan perawatan dengan baik, Anda harus mengecek bagian box transmisi untuk memastikan tidak ada kebocoran oli.

4. Mengecek kelengkapan dokumen

Jual beli mobil baik tunai atau kredit perlu pengecekan dokumen yang lengkap. Anda harus memastikan bahwa kendaraan bekas memiliki BPKB, STNK, buku manual atau catatan servis yang berkala sebagai nilai tambah. Anda jelas tidak ingin bermasalah dengan hukum karena membeli mobil bodong meski ditawarkan dengan harga murah.

Anda juga harus cermat melihat bukti orisinal mengenai kepemilikan mobil tersebut. Jangan sampai Anda asal membeli mobil bekas kriminalitas yang menggunakan dokumen palsu. Perihal pengecekan surat mobil yang legal, Anda bisa membaca ulasan atau mencari informasi di internet yang kredibel.

5. Negosiasi harga

Sebelum berniat membeli mobil bekas secara kredit, ada baiknya Anda mencari informasi terkait harga mobil di pasaran. Tentu kredit mobil bekas memiliki ketentuan tersendiri. Setiap leasing atau penjual yang memberikan kemudahan kredit mobil memiliki acuan tersendiri terkait uang muka, angsuran bulanan dan bunga yang harus dibayarkan. Negosiasi harga mobil bekas bisa menjadi solusi agar Anda mendapatkan harga yang tepat.

Beberapa tips mengenali mobil bekas berkualitas di atas bisa menjadi acuan Anda dalam melakukan transaksi pembelian. Penjual yang memiliki rekam jejak bagus pasti mengijinkan calon pembeli untuk melakukan test drive. Mengingat Anda bakal membeli produk bekas orang lain, tes berkendara menjadi solusi untuk mengetahui performa mesin mobil. Anda juga bisa menilai bagaimana mobil bekas bisa mendukung kenyamanan berkendara di jalan raya.

Pilih kredit mobil bekas syariah

Jika melakukan transaksi secara perseorangan, mungkin Anda tidak bisa mendapatkan kemudahan test drive dengan alasan kepercayaan. Selain itu, pembelian mobil secara perseorangan belum tentu memberikan kemudahan sistem kredit. Tenang saja, Anda bisa mengajukan pembelian kredit mobil secara online di Garasi.id sekarang saja.

Dapatkan kemudahan sistem kredit mobil bekas secara syariah. Anda bisa memilih mobil yang diinginkan, leasing terpercaya dan tunggu konfirmasi pengajuan kredit mobil. Dengan sistem kredit mobil via syariah, Anda mendapatkan keuntungan angsuran tetap atau berjenjang dalam kurun waktu tertentu. Aman dan halal, lho! Yuk, segera siapkan uang muka untuk membeli mobil bekas favorit Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like